Perkembangan dan Konsep Renang Gaya Dada

Pjokpedia.Com - Renang gaya dada merupakan renang yang pertama diperkenalkan dalam sejarah perlombaan renang yang mengalami banyak perkembangan.  Renang gaya dada mulai popular pada tahun 1875 oleh perenang Inggris Metthew Webb. Metthew adalah orang pertama yang merenangi teluk Channel (kanal) dengan menggunakan gaya dada. Gerakan renang gaya menyerupai katak yang sedang berenang, sehingga gaya ini sering disebut dengan gaya katak.

Renang Gaya Dada

Sejak tahun 1930 berenang di bawah air yang memisahkan renang gaya kupukupu dan gaya dada yang merupakan awal munculnya renang gaya kupu kupu. Perenang Teofilo Lidefonso pada Olimpiade tahun1928 menggunakan bentuk variasi berenang secara utuh di bawah air. Ia memodifikasi teknikmengambil napas setelah melakukan satu gerakan di bawah air. Begitu pula perenang Rusia yang bernama Lounitchev meniru juara Olimpiade 1956, Masaru Furukawa dari Jepang. 

Gerak gaya di bawah permukaan air ternyata menambah cepatnya gerak maju, dan hal ini kemudian dilarang oleh FINA (Induk Organisasi Renang Dunia) sejak tahun 1957. Peraturan ini kemudian merangsang untuk mengembangkan gaya dada dengan posisi di atas permukaan air. Perenang Amerika, Chest Jastremski tampil berperan pada awal tahun 1960 dengan “Power Breast Stroke” (bertenaga gaya dada), sehingga untuk beberapa saat Amerika Serikat memegang supremasi pada gaya ini. 

Renang gaya dada pada dasarnya dapat ditinjau dari : Posisi tubuh, gerakan kaki, gerakan lengan, gerakan pernapasan, dan koordinasi gerakan.  Renang gaya dada yang gerakan kakinya dicirikan dengan tiga fase, yaitu :

a). kedua kaki lurus,
b). lutut ditarik kesamping, kedua tumit tetap rapat, dan
c). kedua kaki

dibentangkan kesamping selebar mungkin, kemudian merapatkan kedua kaki tersebut dengan kuat sampai lurus.

Jika merubah gerakan kaki tiga fase tersebut menjadi dua fase, maka terdiri dari:

a). kedua kaki lurus,
b). Tumit terbuka dengan telapak kaki menghadap keatas ditarik kedepan sampai dekat dengan pantat, kedua lutut menuju kebawah, kemudian kedua telapak ditendang kebelakang dengan sedikit melingkar dengan kuat.

0 Response to "Perkembangan dan Konsep Renang Gaya Dada"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel