Belajar Mengapung dan Meluncur Pada Olah Raga Renang

Aktivitas air merupakan sebuah aktivitas dengan menggunakan media air. Secara umum media tersebut dapat berupa kolam air, kolam renang, ataupun tempat sejenis yang mempunyai karakteristik sama yaitu dapat digunakan sebagai tempat untuk melakukan berbagai bentuk aktivitas fisik, seperti pantai, sungai, danau atau simulator lainnya seperti ember atau bahan yang terbuat dari balon plastik. Bentuk kegiatan dalam aktivitas air dapat berupa renang, polo air, selancar, menyelam, dayung, kano, dan beragam bentuk lainnya.

Aktivitas air, anak-anak akan lebih mudah menguasai keterampilan renang apabila pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya mereka sudah siap, memiliki motivasi, umpan balik yang positif dari instruktur/guru. Jika anak-anak sudah mampu dalam program aktivitas air, dalam diri mereka akan tumbuh sikap preventive terhadap risiko tenggelam dan  bahaya di air. Hal-hal yang penting dalam membelajarkan aktivitas air, maka guru harus memiliki pengetahuan dan keterampilan setidaknya: pengenalan air (water orientation), masuk kolam (water entry), kontrol nafas (breath control), posisi badan (body position), dorongan lengan (arm propulsion), istirahat lengan (arm recovery), gerakan tungkai (leg action), dan renang lengkap (combined movement).

Mengapung


Apabila sudah merasa nyaman dan senang dengan permainan naik turun ke dalam air, dapat diteruskan dengan belajar mengapung. Mengapung adalah aktivitas berusaha menjaga tubuhnya agar tidak tenggelam di dalam kolam. Biasanya belajar mengapung diawali dengan sanggup melayang di permukaan air, karena sanggup mengapung merupakan salah satu pelajaran berenang paling berharga. Dan ini merupakan salah satu langkah awal yang harus dikuasai sebaik mungkin.

Latihan mengapung dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

  1. Peserta didik memegang lututnya masing-masing dan kepala dimasukkan kedalam air, usahakan tidak menyentuh dasar kolam. 
  2. Peserta didik melentangkan tubuhnya dan kepala menghadap keatas.
  3. Peserta didik melentangkan tubuhnya, dengan  kepala menghadap kebawah atau melihat dasar kolam.
meluncur pada renang


Meluncur 


Meluncur dilakukan dengan berdiri bersandar dinding kolam kemudian kaki menolak pada dinding agar badan memperoleh gaya dorong ke depan sehingga dapat meluncur di air. Saat meluncur lengan lurus ke depan dan tungkai juga lurus ke belakang. Latihan meluncur juga bisa dibantu oleh teman, dengan cara peserta didik disuruh telungkup kemudian temannya medorong kakinya agar bisa meluncur. Dilakukan secara berulang ulang apakah gerakan meluncur sudah benar-benar lancar. Perhatikan gambar berikut:
gambar meluncur pada renang


Demikian sedikit penjelasan mengenai belajar mengapung dan meluncur di air sebelum renang menggunakan macam macam gaya renang diatas semoga bermanfaat.

0 Response to "Belajar Mengapung dan Meluncur Pada Olah Raga Renang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel