Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Renang Gaya Dada

Untuk mempelajari dan menerapkan lebih lanjut berhubungan dengan dengan renang gaya dada, berikut diuraiakan masing-masing aspek teknis dan pengembangan lebih lanjut.

Posisi Badan


Dalam gaya dada posisi badan telungkup dan mendatar pada permukaan air. Tubuh dan seluruh anggota tubuh harus rileks; agar tidak mengeluarkan tenaga yang cuma-cuma. Sewaktu meluncur tubuh mendatar pada permukaan air. Pada waktu ambil nafas tubuh sedikit menurun dan letak kepala di atas permukaan air, dan lebih tinggi dibanding dengan kaki.

gambar posisi badan saat meluncur pada renang
posisi badan saat meluncur pada renang

Gerakan kaki


Tempat yang paling efektif untuk melatih pergerakan kaki yaitu dalam air, lebih baik jangan menggunakan papan peluncur lebih dahulu. Berpeganganlah pada ril di sisi kolam dan julurkan kedua kaki sedemikian sehingga kedua kaki itu rapat di atas tumit, tetapi terbuka di bagian bawah. Biarkan bagian tubuh untuk agak tenggelam sehingga tumit tetap di bawah permukaan air pada saat menekuk lutut dan pergelangan kaki dan mengangkat kaki  ke atas dan ke depan sejauh mungkin ke arah pantat. Dengan kedua pergelangan kaki dan lutut tertekuk dan terbuka lebar tapi tidak melebihi lebar bahu, hadapkan jarijari kaki ke arah luar sejauh mungkin (lihat gambar).

gambar posisi kaki pada renang gaya dada
posisi kaki pada renang gaya dada

Dari posisi terkokang ini, gerakan telapak kaki keluar ke samping tubuh dan biarkan kedua lutut terpisah saat menendang keluar, berputar, ke belakang, dan kembali saling merapat dalam keadaan lurus terjulur.

gambar gerakan kaki pada renang gaya dada
gerakan kaki pada renang gaya dada

Untuk mengeksplorasi gerakan kaki pada renang gaya dada tersebut, dapat dikembangkan sebagai berikut: 

  1. Berpasangan dengan teman, pasangan yang membantu membelakangi arah perenang kedua telapak tangan saling bertemu sehingga seakan ada aksi menarik dan perenang melakukan gerakan kaki gaya dada. 
  2. Menggunakan papan luncur pada jarak tertentu dilakukan berulangulang, perenang melakukan gerakan kaki gaya dada.
  3. Menggunakan bola besar pada jarak tertentu dilakukan berulang-ulang, perenang melakukan gerakan kaki gaya dada.


Gerakan lengan


Mulai dari posisi mengapung tertelungkup, tangan terjulur ke depan. Lenturkan pergelangan  tangan, jari-jari tangan menunjuk miring ke bawah, dan angkat siku ke posisi di-atas-tabung-imajinasi seperti dalam gaya bebas (lihat gambar 1.a dan b).

Hadapkan telapak tangan sedikit keluar. Angkat dagu saat menggerakkan masing-masing tangan dalam gerakan mengayuh setengah lingkaran-ke luar, ke belakang, dan ke dalam-dengan sikut  ditekuk 90 derajat dan ujung jari menunjuk ke bawah dagu (lihat gambar 1 c). 

Ambil nafas pada saat menyelesaikan kayuhan dengan sikut ke luar dan telapak tangan menghadap ke atas pada posisi di bawah dagu (lihat gambar 1 d).

Untuk pemulihan, masukkan kembali wajah ke air, gerakkan sikut ke samping tubuh, dan hadapkan telapak tangan ke bawah  dan sentakkan telapak tangan ke depan tepat di bawah permukaan air, dengan ujung jari lurus ke depan, sehingga tangan kembali dalam posisi terjulur ke depan (lihat gambar 1 e dan f).

gambar kayuhan tangan pada renang gaya dada
kayuhan tangan pada renang gaya dada


Kayuhan yang dilakukan harus terasa seperti sedang memegang air di depan kepala dengan kuat lalu menarik tubuh ke depan. Sikut harus tetap berada sejauh mungkin di depan sampai menarik mereka ke sisi tubuh.  Daya dorong harus dihasilkan oleh tarikan telapak tangan ke arah luar dan belakang, dan kemudian ke dalam dan kembali ke dagu. Selesaikan satu kayuhan penuh di depan bahu, dan telapak tangan tidak boleh mengayuh melewati garis bahu. Masing-masing telapak tangan bergerak dalam setengah lingkaran dari posisi terjulur ke depan ke arah dagu.

Koordinasi lengan, kaki, dan Pernafasan 


Pada tahap ini, latihan ditujukan untuk menyatukan antara gerakan lengan dan gerakan kaki, serta pernafasan. Mula-mula harus kembali pada latihan meluncur yang sudah dikuasai pada awal proses latihan ini. Koordinasi gerakan tangan dan kaki untuk perlombaan sedikit berbeda dari koordinasiuntuk santai. Ayunan kaki dimulai lebih lambat, dan sentakan tangan ke depan dimulai lebih cepat, hasilnya waktu meluncur yang lebih pendek. Dari posisi mengapung terlungkup, mulai lakukan kayuhan tangan gaya dada dan angkat kepala.

gambar Koordinasi lengan, kaki, dan Pernafasan renang gaya dada

Koordinasi lengan, kaki, dan Pernafasan 


Jika kayuhan sudah dipersiapkan dengan baik, gerakkan kedua tumit ke atas di belakang dalam gerakan pemulihan ayunan kaki gaya dada. Hirup napas secepatnya; saat telapak tangan berputar dalam gerakan memeras menggunakan sikut, telapak kaki harus berputar keluar bersiap-siap untuk melakukan dorongan kaki. Masukkan wajah ke dalam air dan dorong telapak tangan ke depan, sehingga tangan hampir terjulur penuh saat ayunan kaki sedang menghasilkan kekuatan maksimum. Luruskan tubuh dan bersiap untuk memulai kayuhan berikutnya dengan meluncur sesingkat mungkin. Hembuskan napas saat meluruskan lengan ke depan. Perhatikan gambar diatas !

0 Response to "Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Renang Gaya Dada"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel